Perkembangan E-Commerce Di Indonesia



BERKEMBANGNYA E-Commerce di Indonesia

Di Indonesia, sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online.

Ecommerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara-negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon. Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan / perdagangan, sekarang ini, kita dapat menggunakan internet untuk melakukan perniagaan.

E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:

– Business to business (B2B):
Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain.

– Business to consumer (B2C):
Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi.

– Consumer to consumer (C2C):
Sifarnya lelang [Auction].

– Government: G2G, G2B, G2C,
Melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat.
Previous
Next Post »
Your SEO optimized title