Inilah 5 Prediksi Ilmuwan Yang Dianggap Sebagai "Kesalahan"

Cx-Info | Ilmuwan adalah orang yang mendedikasikan dirinya untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Para ilmuwan menghabiskan tahun-tahun dalam hidupnya untuk meneliti sesuatu yang baru yang berguna untuk kehidupan kita. Kita berhutang banyak atas jasa para peneliti dan ilmuwan.

Namun, ternyata ilmuwan juga manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan. Berikut ini Cx-Info sajikan beberapa prediksi dari ilmuwan yang ternyata salah besar. Hal ini dicatat sejarah dan cukup untuk membuat kredibilitas sang saintis tersebut jadi turun.


1. “Radio Adalah Penemuan yang Tidak Berguna di Masa Depan”

Lord Kelvin, seorang ahli fisika dari Inggris mengkritik penemuan radio. Pada sekitar tahun 1900-an Guglielmo Marconi dan Karl Braun mengenalkan konsep radio kepada publik. Pada tahun 1909 mereka berdua menerima Hadiah Nobel atas penemuannya tersebut.


Penemuan brillian itu ternyata juga menuai kritik. Salah satunya dari Lord Kelvin yang mengatakan bahwa radio tidak akan memiliki masa depan dan kurang berguna. Nyatanya, hingga lebih dari 100 tahun setelah penemuannya, radio tetap dipakai dan berguna oleh umat manusia.


2. “Virus HIV Itu Lemah!”

Seorang profesor dari Universitas Colombia, Dr. Peter Duesberg, mengatakan bahwa virus HIV bukanlah virus yang patut ditakuti. Dia mengatakan virus itu lemah dan gampang diobati.


Ternyata sang ahli biologi molekul itu salah. Virus HIV menjelma menjadi salah satu virus paling mematikan di dunia. Dan hingga saat ini penelitian tentang virus tersebut masih terus dikembangkan. Banyak nyawa yang hilang karena HIV dan pendapat Profesor Peter tentu saja salah.


3. “Mobil Buatan Jepang Tidak Akan Laku!”

Bussiness Week adalah majalah bisnis di Amerika yang didistribusikan ke seluruh dunia. Majalah ini dikenal karena kredibilitas mereka dalam bidang bisnis. Mereka juga memiliki analis yang handal dalam membaca pasar.


Namun, mereka membuat kesalahan besar di Edisi 2 Agustus 1968. Bussiness Week menulis, “dengan sekitar 50 merk mobil yang telah jual di Amerika Serikat, industri otomotif Jepang tidak akan berhasil dan laku di pasar Amerika Serikat.” Namun kenyataannya beberapa tahun setelah itu industri otomotif Jepang menjadi raksasa dengan brand-brand terkenal sepert Honda, Toyota dan Suzuki.


4. “Sinar X Itu Hanya Omong Kosong!”

Pantas jika Lord Kelvin disebut sebagai “The Brillian Blunder” karena dia sering melakukan prediksi yang salah. Meski demikian, Lord Kelvin adalah salah satu ilmuan Inggris yang berpengaruh dan dihormati. Dia juga memiliki beberapa penemuan penting di dunia sains.


Namum, saat penemuan sinar X diperkenalkan oleh Wilhelm Conrad Rontgen, Lord Kelvin memberi reaksi yang agak tidak menyenangkan. Dia menyebutkan bahwa sinar X itu hanyalah omong kosong belaka. Namun ternyata sinar X benar-benar berguna di masyarakat dan membuat kemajuan yang pesat di dunia medis.


5. “Pesawat Tidak Akan Berguna untuk Kepentingan Militer”

Seorang profesor strategi perang, Ferdinand Foch menanggapi sinis soal penemuan pesawat terbang. Dia mengatakan, “pesawat terbang tampak seperti mainan yang menarik, tapi tidak akan berguna bagi militer.” Dan kalimat itu ternyata salah besar.


Dalam sejarah militer, pesawat memiliki peranan yang sangat besar. Mulai dari mengangkat logistik hingga mengangkut para prajurit. Tidak terhitung juga manuver-manuver udara yang mempermudah pekerjaan kemiliteran.

Meski para ilmuan telah menghabiskan banyak waktunya untuk belajar dan meneliti, bukan berarti mereka luput dari kesalahan. Oleh sebab itu, kita harus “menyaring” ulang pendapat dari orang, bahkan dari ahli sekalipun, karena mereka bisa saja salah.

Ini juga menjadi pelajaran bagi ilmuwan yang dikritik. Meski penemuan mereka dituduh tidak berguna, namun mereka tidak patah semangat dan tetap berusaha sampai temuannya berhasil dan memberi manfaat untuk banyak orang. (HLH).


Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
RzDrone
AUTHOR
7 May 2015 at 13:41 delete

MANTAP GAN THX INFONYA (y)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7 May 2015 at 14:14 delete

Sama-sama gan..
Terimakasih sudah berkunjung :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8 May 2015 at 11:01 delete

mungkin salah paham kali yaa gan :D

Reply
avatar
kang blog
AUTHOR
8 May 2015 at 11:03 delete

wuanjjeeeeer -_- virus HIV itu lemaaah :3

Reply
avatar
Abdul Latif
AUTHOR
8 May 2015 at 11:23 delete

Dan sekarang semuanya berubah :)

Reply
avatar
alex bastari
AUTHOR
8 May 2015 at 11:45 delete

nambah pengetahuan, makasih gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8 May 2015 at 13:02 delete

nambah ilmu nih

Reply
avatar
sehat itu aku
AUTHOR
8 May 2015 at 13:32 delete

sinar x itu bukannya sinar yang melebihi kecepatan berkedip mata

Reply
avatar
8 May 2015 at 14:54 delete

hehe semuanya pada salah nih.. berarti penemunya terkenal akan kesalahannya donk :p
nice share

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8 May 2015 at 15:29 delete

Thanks bro ilmunya ...
Artikel nya terbaek :D

Reply
avatar
Your SEO optimized title